...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Selasa, 15 Juli 2014

DODOL RUMPUT LAUT KHAS LOMBOK

DODOL RUMPUT LAUT KHAS LOMBOK

DODOL RUMPUT LAUT KHAS LOMBOK

Dodol merupakan makanan asal Garut, Jawa Barat. Tetapi di Lombok, dodol ini menggunakan bahan baku dasar rumput laut yang dicampur dengan jenis buah-buahan ditambah gula pasir sebagai pemanis. Sementara buah-buahan digunakan sebagai aroma dan variasi rasa.  Ada rasa tomat, nangka, semangka, sirsak, dan lainnya.
Sama seperti dodol pada umumnya yang bertekstur kenyal, dodol rumput laut Lombok ini berwarna cerah seperti merah, hijau, dan kuning. Sementara Pulau Lombok memang merupakan salah satu wilayah pesisir yang masyarakatnya banyak melakukan usaha budidaya rumput laut.

Bahan-bahan untuk membuat dodol rumput laut :
  • Rumput laut 1 kg
  • Gula pasir 800 gr
  • Tepung ketan 200 gr
  • Santan kelapa
  • Garam
  • Essence ± 2 sendok makan
  • Vanili
  • Tepung terigu
Cara Membuat Dodol Rumput Laut
  1. Langkah pertama dalam pembuatan dodol rumput laut adalah merendam rumput laut kering kedalam larutan kapur selama sehari semalam dengan pergantian air selama tiga kali. Larutan  kapur  ini berrfungsi untuk memucatkan dan membersihkan rumput laut.
  2. Selanjutnya rumput laut dihaluskan dengan menggunakan blender hingga terbentuk pasta rumput laut. Lalu dididihkan tepung ketan dengan santan di atas kompor. Tepung ketan ini berfungsi sebagai pengikat dan membentuk tekstur plastis. Setelah mendidih, masukkan pasta rumput laut pada adaonan tepug ketan tadi sambil diaduk hingga kalis (2 jam). Sambil diaduk, tambahkan gula, garam dan essence. Gula ini berfungsi sebagai bahan pemanis, sedangkan garam berfungsi penambah cita rasa dan essence berfungsi sebagai pemberi aroma dan rasa.
  3. Lalu dituangkan adonan yang telah matang tadi ke dalam nampam kecil yang dilapisi plastik. Setelah itu didinginkan selama 1 jam dan keringkan. Potong sesuai dengan selera dan dodol siap dihidangkan.
Untuk menarik minat pembeli, kemasan dodol dibuat apik dengan memberi wadah kotak kertas, toples dari plastik mika, maupun keranjang bambu sehingga membawa kesan tradisional. Harganya? Pembeli hanya perlu menghabiskan Rp 20.000 untuk dodol seberat 180 gram dalam kemasan plastik mika atau anyaman bambu. Untuk dodol seberat 868 gram dalam kemasan plastik  bisa dibeli dengan harga Rp 75.000.
Keuntungan usaha dodol rumput laut ini bisa melebihi modal yang kita keluarkan.
Secara medis, rumput laut memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan tubuh di antaranya meningkatkan daya kerja jantung, menjaga ketahanan tubuh, sistem pencernaan, dan mencegah kanker.
Tertarik untuk mencicipi dodol rumput laut Lombok? Pegangan yang bisa dijadikan oleh-oleh asal pulau seribu mesjid itu bisa diperoleh di wilayah Cakranegara.

Sumber : http://sman1praya.biz/dodol-rumput-laut-khas-lombok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar