...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Senin, 06 Oktober 2014

INDONESIA AKAN GARAP EKSPOR PRODUK RUMPUT LAUT KE BRASIL

Indonesia ekspor produk rumput laut ke Brasil

6 hari lalu | Dibaca 2348 kali
Rumput laut. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta (ANTARA News) - Produk rumput laut asal Indonesia menembus pasar Brasil, Amerika Selatan, setelah Kementerian Perdagangan memfasilitasi perusahaan negara itu melalui program misi pembelian dengan nilai ekspor mencapai tiga juta dolar Amerika Serikat.

"Kerja sama ini menunjukkan keseriusan eksportir Indonesia untuk terus memperluas pasarnya ke kawasan yang prospektif, yaitu Amerika Selatan," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak, saat menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara PT Barasindo Gum dengan Indobras Representacao Comercial, di Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, transaksi pembelian diwakili oleh dua perusahaan asal Indonesia yakni PT Brasindo Gum dan PT Gumindo Perkasa Industri dengan perusahaan asal Brasil, Indobras Representacao Comercial yang akan membeli produk turunan rumput laut berupa Alkali Treatment Carrageenan (ATC Chip).

Dalam nota kesepahaman tersebut, PT Brasindo Gum ditargetkan untuk memenuhi target senilai 1,8 juta dolar AS, sementara PT Gumindo Perkasa Industri senilai 1,2 juta dolar AS.

"Brasil merupakan salah satu pasar ekspor prospektif Indonesia di kawasan Amerika Selatan. Target ekspor nasional ke Brasil diharapkan tumbuh sebesar 4-5 persen atau senilai 1,57-1,59 miliar dolar AS," kata Nus.

Menurut Nus, kerja sama pembelian tersebut sangat penting dilakukan khususnya untuk menaikkan nilai ekspor ke kawasan Amerika Selatan, dimana rumput laut sendiri merupakan salah satu potensi sumber daya kelautan yang cukup besar dan dapat menjadi komoditas unggulan ekspor.

"Upaya diversifikasi pasar terus dilakukan dengan menggenjot kinerja ekspor ke pasar utama dan pasar prospektif. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan target ekspor makanan olahan senilai 4,9-5 miliar dolar AS atau tumbuh 10,5-11,5 persen pada 2014-2015 dapat tercapai," ujar Nus.

Misi pembelian tersebut merupakan program Kementerian Perdagangan berupa kegiatan promosi yang membantu dunia usaha dengan mendatangkan calon pembeli ke Indonesia untuk melakukan kesepakatan atau transaksi dagang dalam rangka melakukan ekspor.

Kinerja ekspor produk rumput laut Indonesia pada 2013 mencapai 162,4 juta dolar AS dengan tren positif sebesar 12,95 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Ekspor terbesar produk rumput laut Indonesia adalah ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sebesar 76,92 persen, Filipina 6,69 persen, Chili 4,69 persen, Korea Selatan 2,44 persen, dan Hong Kong 1,75 persen, sementara Brasil berada pada tingkat 12 dengan tren pertumbuhan sebesar 0,42 persen.

Ekspor rumput laut Indonesia pada periode Januari-Juni 2014 mencapai 102,9 juta dolar AS atau mengalami peningkatan sebesar 47,70 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Editor: Suryanto

Sumber :http://m.antaranews.com/berita/456224/indonesia-ekspor-produk-rumput-laut-ke-brasil

1 komentar: