...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Jumat, 21 September 2012

Membuat Nori secara Tradisional di Jepang

Sushi Tekkamaki
Nori sebagai bahan membuat makanan Sushi

Sushi Plates 
Aneka Sushi yang terbalut Nori

Nori Sheets 
Lembaran Nori 

Pole & Net NoriBudidaya rumput laut jenis Porphyra umbilicalis di Jepang
 

Life Cycle of Nori
Siklus hidup dari rumput laut 'Nori' (Porphyra spp). 
Workshop Sign
Penjemuran lembaran Nori dengan rak dari anyaman bambu
Mr. Hiraga sedang memperagakan cara pembuatan lembaran Nori secara tradisional Jepang

Unchopped
Nori segar yang baru dipanen dari laut dalam wadah

UnchoppedUnchopped

 Nori processing consists of four steps:
  1. Rinse fresh nori and put into a strainer
  2. Chop the nori with a knife into fine pieces
  3. Place chopped nori into a frame on a bamboo mat in a bucket of water to create a sheet; remove the frame, mat and sheet of nori from the water
  4. Put the bamboo mat with sheet of nori onto a rack to dry in the sun

Hiraga Hands Out Nori

Marina Rinses Nori
Membilas nori segar


Chopping Nori



Nori Outside


Mats & Frame


Mats & Frame


Nori & Frame

Nori & Frame


Nori & Frame

Nori & Frame

Nori & Frame Outside


Frame Removed


.
Nori on Dry Rack

Completed NoriNori kering yang siap dikemas
 
Nori in Pan
 Nori dipanggang sebelum dikonsumsi

Roasted Nori 
 Kiri Nori kering, kanan Nori kering yang sudah dipanggang
 
Smaller Nori


Onigiri


Onigiri
Onigiri

Onigiri


Sumber Gambar : http://glendalecommunitycollege.wordpress.com/2012/05/03/nori-japans-most-famous-seaweed-part-i-history-and-traditional-use/

11 komentar:

  1. Assalam.wr.wb perkenalkan saya Eka putra. saya tertarik dengan pembuatan nori tersebut saya ingin belajar dengan bapak,apa ada no yang bisa dihubungi pak?terima kasih.jazakallah khairan

    BalasHapus
  2. keren, dan sangat bermanfaat. rumput laut itu banyak kasiat dan enak rasanya

    BalasHapus
  3. terimakasih atas pembelajarannya.
    menurut anda bagaimana jika warga Indonesia memproduksi Nori. Apakah bisa masuk di pasaran Nasional??

    BalasHapus
  4. Saya tertarik untuk mengolah rumput laut, dimana dan bagaimanan saya bisa belajar ?

    BalasHapus
  5. keren, mantep pokoe, jadi pingin belajar proses produksinya :)

    BalasHapus
  6. Saya tertarik ingin membuat home industri pembuatan nori, apakah saya bisa belajar lebih jauh? Apa di indonesia bisa mendapat rumput laut jenis porphyra sp?dimana saya bisa dapat nya? Atau bisa memakai jenis lain untuk pengganti nya? Mohon info nya

    BalasHapus
  7. saya sangat terinpirasi dengan produk nori.. mengingat produksi panen bahan baku rumput laut di daerah saya cukup melimpah.. bagaimana saya bisa mendapatkan informasi lebih detail tentang pembuatan nori sekala home industri dengan menggunakan peralatan skala pabrik modern.. sehingga proses lebih cepat dan tidak tergantung cuaca..

    erlyta - Balikpapan - Kaltim

    BalasHapus
  8. Saya pak sakti berminat untuk usaha nori...bagaimana dan di mana cara saya bisa belajar? Adakah nomer yang bisa saya hubungi?

    BalasHapus
  9. Saya pak sakti berminat untuk usaha nori...bagaimana dan di mana cara saya bisa belajar? Adakah nomer yang bisa saya hubungi?

    BalasHapus
  10. sangat bermanfaat, dan saya berminat. saya ingin bertanya untuk nori dengan bahan rumput laut jenis Porphyra umbilicalis bisa bertahan berapa lama? lalu apakah bahan dasarnya bisa di ubah dengan berbagai jenis bahan lain?

    BalasHapus