...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Selasa, 18 September 2012

Limbah Rumput Laut Dapat Dijadikan Pupuk

Limbah Rumput Laut Dapat Dijadikan Pupuk

Oleh: M.Rusman

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur, Yophie F Wowor mengatakan limbah dari rumput laut sangat potensial dijadikan pupuk cair.

Limbah dapat diperoleh dari hasil pengeringannya dan sudah diujicobakan pada sejumlah tanaman dengan hasil yang sangat meyakinkan dan memuaskan, kata Yopie di Nunukan, Selasa.

Menurut Yopie, limbah rumput laut tersebut selain dapat dijadikan sebagai pupuk juga berfungsi sebagai pengusir hama bagi tanaman karena baunya yang sangat menyengat.

"Masalah potensi limbah dari rumput laut ini kami sudah diujicobakan pada sejumlah tanaman seperti lombok. Dan hasilnya sangat bagus dan memuaskan baik dari segi kesuburan dan perkembangan tanaman juga terhindar dari hama," katanya menjelaskan.

Setelah mengetahui bahwa limbah hasil pengeringan dari rumput laut bermanfaat bagi tanaman, Yopie mengatakan terus melakukan eksperimen untuk mendapatkan manfaat lain yang bisa diperoleh dari limbah tersebut.

Ia menambahkan, limbah rumput laut ini hanya menjadi bahan baku pupuk berbentuk cair itu dan masih perlu dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya yang dapat menambah kekuatan daripada pupuk yang dihasilkan.

Yophie sangat yakin apabila limbah rumput laut ini benar-benar dapat dimanfaatkan menjadi pupuk dan racun hama bagi tanaman, masyarakat Kabupaten Nunukan tidak akan bergantung lagi pada pupuk anorganik.

Ia menyatakan pula, selain pupuk cair dengan bahan baku limbah rumput laut tetapi pupuk dapat diperoleh pula dari kotoran ternak.

Makanya, meminta kepada masyarakat yang memiliki ternak agar mengandangkannya dalam satu tempat agar kotorannya dapat berkumpul dan mudah mendapatkannya.

Kotoran ternak ini juga sangat baik dijadikan pupuk organik bagi tanaman tanpa mencampurnya lagi dengan bahan-bahan lain seperti limbah rumput laut tadi, katanya.

"Saya minta kepada warga yang miliki ternak supaya dikandangkan karena kotorannya dapat dijadikan pupuk organik bagi tanaman," harapnya.

Sumber : http://kaltim.antaranews.com/berita/8868/limbah-rumput-laut-dapat-dijadikan-pupuk

3 komentar:

  1. bpk M.Rusman yg budiman,
    saya tertarik dg ulasan anda tentang limbah rumput laut.
    boleh saya tahu kandungan mikro dan makro dri limbah rumput laut tsb?
    terima kasih.

    klo bisa info nya ke basamo_imi@yahoo.com saja.

    BalasHapus
  2. konten yang bagus, di website kampus saya juga memberikan berita tentang Pemanfaatan Limbah rumput laut, saya punya tautan untuk referensi Anda atau kunjungi di bawah
    http://news.unair.ac.id/2017/07/17/limbah-rumput-laut-diinovasi-jadi-penunjang-pertumbuhan-plankton-di-tambak/

    BalasHapus
  3. konten yang bagus, di website kampus saya juga memberikan berita tentang Pemanfaatan Limbah rumput laut, saya punya tautan untuk referensi Anda atau kunjungi di bawah
    http://news.unair.ac.id/2017/07/17/limbah-rumput-laut-diinovasi-jadi-penunjang-pertumbuhan-plankton-di-tambak/

    BalasHapus