...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Sabtu, 25 Juni 2016

Potensi Rumput Laut RI Bisa Sampai Rp 281 Triliun

Senin, 23/02/2015 16:24 WIB

Potensi Rumput Laut RI Bisa Sampai Rp 281 Triliun

Dana Aditiasari - detikFinance
Potensi Rumput Laut RI Bisa Sampai Rp 281 Triliun
Jakarta - Indroyono Soesilo, Menteri Koordinator Kemaritiman, menilai rumput laut sangat berpotensi menjadi komoditas andalan Indonesia. Bila diolah dengan benar, potensi rumput laut bisa mencapai ratusan triliun rupiah.

"Rumput laut itu termasuk‎ produk high class yang konsumennya dari seluruh dunia. Kita bicara sederhana saja, untuk yang raw(mentah) harganya sudah US$ 1/kg," sebut dia di kantor pusat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Senin (23/2/2015).

Indroyono menyebut, tahun ini pemerintah menargetkan produksi perikanan budidaya sebesar 31 juta ton. Dari jumlah tersebut, 22 juta ton merupakan rumput laut budidaya. Menurut Indroyono, budidaya rumput laut dengan produksi 22 juta ton bisa menghasilkan sedikitnya Rp 281,6 triliun.

Potensi tersebut, lanjut Indroyono, masih bisa meningkat bila rumput laut dapat diolah menjadi produk yang lebih memiliki nilai ekonomi. Bahkan kenaikannya bisa berkali-kali lipat.

"Kalau sudah diolah menjadi karagenan, itu produk olahan rumah tangga dari rumput laut, harganya bisa US$ 7/kg. Kalau lebih tinggi lagi kualitasnya bisa US$ 14/kg. Kalau sudah high grade(kualitas tinggi) dalam bentuk powder (bubuk), itu bisa Rp 8 juta/kg. Tinggi sekali kan nilainya?" paparnya.

Saat ini, produk rumput laut bubuk banyak dimanfaatkan industri farmasi di seluruh dunia. Tiongkok adalah negara terbesar penghasil bubuk rumput laut, tetapi bahan baku rumput lautnya didatangkan dari Indonesia.

Tantangan terbesar Indonesia, tambah Indroyono, adalah menarik minat investor agar bersedia menanamkan modal di industri bubuk rumput laut ini.

"Kalau farmasi itu kan ada standar-standar yang harus dipenuhi. Jadi perusahaan farmasi hanya mencari dari principal-nya. Nah, ini yang sedang kita cari cara bagaimana si principal itu mau membangun di Indonesia. Itu tantangan saya bersama BKPM," jelasnya.

Sembari menunggu BKPM bekerja menggaet para investor, Indroyono akan melakukan pendekatan kepada sejumlah pihak agar produk olahan rumput laut yang sudah ada bisa lebih banyak diserap di dalam negeri. Hal ini bisa merangsang pertumbuhan industri baru yang khusus mengolah produk-produk berbahan dasar rumput laut di dalam negeri.

(dna/hds)

Sumber :  http://m.detik.com/finance/read/2015/02/23/162413/2840468/1036/



3 komentar:

  1. Terimakasih atas info Guna rumput laut semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Indroyono menyebut, tahun ini pemerintah menargetkan produksi perikanan budidaya sebesar 31 juta ton.

    visit Tel-U

    BalasHapus
  3. Menteri Koordinator Kemaritiman, menilai rumput laut sangat berpotensi menjadi komoditas andalan Indonesia.
    visit Tel-U

    BalasHapus