...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Minggu, 24 Agustus 2014

Abstrak Hasil Penelitian Pengaruh Pencucian Alkali Dingin Terhadap Mutu Rumput Laut Eucheuma cottonii Kering Serta Karaginan Yang Dihasilkan

PENGARUH PENCUCIAN ALKALI DINGIN TERHADAP MUTU RUMPUT LAUT Eucheuma cottonii KERING SERTA KARAGINAN YANG DIHASILKAN)

Th. Dwi Suryaningrum1 dan Murdinah1

ABSTRAK


Penelitian pencucian alkali dingin terhadap rumput laut jenis Eucheuma cotonii segar untuk melihat sifat mutu rumput laut kering serta karaginan yang dihasilkan telah dilakukan. 

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lama waktu perendaman 3, 6 dan 9 jam serta konsentrasi larutan KOH (0, 1 N, 0,3 N, dan 0,5 N). 

Pengamatan dilakukan terhadap sifat mutu rumput laut kering yang dihasilkan yang meliputi rendemen, kadar air, rumput laut kering bersih (CAW), serta rendemen karaginan yang dihasilkan. 

Sedangkan terhadap tepung karaginan yang dihasilkan diamati sifat mutu kimianya yang meliputi kadar air, kadar abu, kadar abu tak larut asam, kadar sulfat, serta sifat fisiknya terhadap kekuatan gel karaginan yang dihasilkan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama waktu perendaman akan berpengaruh terhadap menurunnya rendemen rumput laut kering, CAW, dan kekuatan gel karaginan yang dihasilkan. 

Sedangkan semakin besar konsentrasi KOH yang digunakan akan berpengaruh terhadap penurunan CAW serta kekuatan gel yang dihasikan. Secara umum perlakuan terbaik diperoleh dari perlakuan perendaman dalam larutan KOH dengan konsentrasi 0,1N selama 3 jam. 

Pada perlakuan ini rata-rata kadar air rumput laut sebesar 15,78 %, rendemen rumput laut sebesar 8,96%, CAW 73,29% dan rendemen karaginan sebesar 49,66% (bk). 

Sedangkan mutu karaginan yang diperoleh dari perlakuan tersebut mempunyai kadar air 15,76 %, Kadar abu 18,62 %, kadar abu tak larut asam 2,36 % kadar sulfat 24,85% dan kekuatan gel 112,94 g/cm .

Kata Kunci : Rumput Laut Eucheuma cottonii, alkali dingin, mutu rumput laut, mutu karaginan

Peneliti pada Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jl. KS Tubun Petamburan VI Jakarta 10260 Email : bbrppb@yahoo.co.id


Sumber :  http://www.kkp.go.id/stp/index.php/arsip/c/429/PENGARUH-PENCUCIAN-ALKALI-DINGIN-TERHADAP-MUTU-RUMPUT-LAUT-Eucheuma-cottonii-KERING-SERTA-KARAGINAN-YANG-DIHASILKAN/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar