...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Jumat, 29 Maret 2013

Petani Rumput Laut Nunukan Magang ke Takalar

Petani Rumput Laut Nunukan Magang ke Takalar



Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nunu-kan, Kalimantan Timur, mema-gangkan petani rumput laut di sentra budidaya rumput laut Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Kepala Bidang Perikanan Budi-daya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Nunukan Suaedi di Nunukan, Jumat, mengatakan pemagangan petani rumput laut tersebut bertujuan agar mereka memahami proses pembudidaya-an untuk meningkatkan produksi.

“Kita magangkan petani rumput laut di sana (Takalar) supaya mereka bisa memahami proses budidaya yang benar untuk meningkatkan produsi dan aspek lainnya,” katanya.
Ia mengatakan setidaknya petani rumput laut di Kabupaten Nunukan mengetahui proses awal pembudidayaannya.

Dipilihnya sentra budidaya rumput laut Kabupaten Takalar untuk magang petani dari daerah ini karena di sana selama ini dikenal sebagai pusat riset rumput laut terutama terkait budidaya yang baik.

“Sebagai bentuk perhatian Pemkab Nunukan terhadap peningkatan produksi petani rumput laut, DKP berupaya maksimal memberikan pengetahuan kepada petani mengenai  tata cara budidaya yang sebenarnya,” ujarnya.

Suaedi juga mengatakan, melalui pemagangan ini petani rumput laut Kabupaten Nunukan bisa mengetahui jenis bibit yang layak dikembangkan dengan tetap menyesuaikan kondisi lingkungan.
Selama ini, lanjut dia, bibit yang dikembangkan di Kabupaten Nunukan berasal dari Kabupaten Takalar yang dianggap lebih layak karena telah melalui riset.

“Bibit rumput laut di Nunukan ini didatangkan dari Kabupaten Takalar dan dianggap sesuai dengan kondisi lingkungan,” ujarnya. (ant)

Sumber : http://m.korankaltim.com/petani-rumput-laut-nunukan-magang-ke-takalar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar