...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Senin, 20 Agustus 2012

Pelatihan Mengolah Rumput Laut

Rumput Laut

Pelatihan Mengolah Rumput Laut




Pertamina Pemasaran Kalimantan melatih masyarakat sekitar Terminal BBM Tarakan, mengolah rumput laut menjadi makanan ringan, seperti dodol dan manisan.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 13 sampai dengan 14 April 2012. Pelatihan berlangsung di Mess Melati Pertamina EP, dan diikuti 30  ibu rumah tangga di Kelurahan Lingkas Ujung Kecamatan Tarakan Timur. Sebagian besar dari mereka adalah istri petani rumput laut. Sehari-hari mereka disibukkan dengan kegiatan rumah tangga dan menjemur rumput laut yang dipanen suami mereka.

Selama ini, rumput laut di Tarakan hanya dijual dalam bentuk rumput laut kering. Belum pernah ada yang mengolah rumput laut menjadi makanan siap konsumsi. Dalam kondisi harga pasaran rumput laut yang rendah, yakni Rp 7.000 per kilogram, membuat para petani rumput laut terpaksa hidup pas-pasan.  "Harapannya, dengan adanya pelatihan membuat dodol dan manisan dari rumput laut ini, dapat memberikan penghasilan tambahan keluarga", ujar Morhan Gultom, Operation Head Terminal BBM Tarakan.

Dalam melaksanakan pelatihan ini, Pertamina bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Ilmu Kelautan (FIK) Universitas Borneo Tarakan. Selain mengolah, para peserta juga diajarkan cara pengemasan yang benar agar makanan tetap awet tanpa menggunakan bahan pengawet. "Dengan membuatnya menjadi makanan jadi seperti dodol dan manisan, maka menciptakan nilai tambah dari rumput laut itu sendiri", ungkap Firdaus, Dekan FPIK Universitas Borneo Tarakan.

Ketiga puluh orang peserta tersebut dibagi ke dalam 6 kelompok, dan masing - masing kelompok diberi modal alat pengemasan vacuum sealer. Selama 6 bulan ke depan, kelompok - kelompok ini juga akan mendapatkan pendampingan yang dilaksanakan oleh  FPIK Universitas Borneo Tarakan. Setelah pendampingan selama 6 bulan, diharapkan para peserta mandiri dalam membuat serta mengemas dodol dan manisan dari rumput laut.

Pembukaan acara pelatihan ini sendiri dihadiri oleh OH TBBM Tarakan, Disperindagkop Tarakan, Dinas Kelautan dan Perikanan Tarakan, Camat Tarakan Timur, dan Lurah Lingkas Ujung. Pemerintah Kota Tarakan melalui dinas terkait mengutarakan dukungannya terhadap pelatihan ini.


Sumber : http://www.pertamina.com/index.php/detail/view/csr-news/9074/pelatihan-mengolah-rumput-laut

1 komentar: