...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Rabu, 09 Mei 2012

Wabup Berharap Produksi Rumput Laut Meningkat menjadi 500 ton sebulan


Wabup Berharap Produksi Rumput Laut Meningkat

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id -  

Wakil Bupati Nunukan Hajjah Asmah Gani berharap, produksi rumput laut di Nunukan bisa meningkat dari 250 ton sebulan menjadi 500 ton sebulan. Untuk mencapai peningkatan produksi, Pemkab Nunukan dan Bank Indonesia melakukan kerjasama pelatihan bubidaya dan pengolahan rumput laut bagi para petani rumput laut di Nunukan.

Asmah Gani mengatakan, Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu. Dengan peningkatan kualitas sumber daya para petani rumput laut, diharapkan produksi dapat meningkat, penghasilan para petani rumput laut juga dapat meningkat.

Dengan peningkatan sumber daya manusianya menjadi lebih baik, tentu penghasilannya  akan meningkat. Sekarang ini saja masih tradisional hasilnya satu bulan tidak kurang 250 ton. Harapan kita kedepan bukan 250 ton, kalau bisa 500 ton setiap bulannya,” ujarnya.
Secara kasar, kata Wabup, sebenarnya penghasilan para petani rumput laut hampir menyamai pendapatan dalam APBD Nunukan.
“Penghasilan mereka sekitar Rp360 miliar. Hampir sama dengan pendapatan daerah. Kita harapkan dengan adanya peningkatan SDM petani rumput laut ini, ekonomi Nunukan akan meningkat,” ujarnya.
Sementara itu, Selasa (8/5/2012) hingga Jumat (11/5/2012) digelar Pelatihan Budidaya dan Produk Olahan Rumput Laut. Pelatihan digelar di Desa Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan. Pelatihan itu dibuka Asmah Gani.
Para peserta mendapatkan pelatihan langsung dari pakar-pakar asal Jakarta yang didatangkan Bank Indonesia ke Nunukan. Selama mengikuti pelatihan dimaksud, para petani diantaranya mendapatkan pelatihan mengenai siraman rohani, motivasi kewirausahaan, teori budidaya rumput laut dan penanganan pasca panen, serta praktik  penanganan pasca panen dan praktik produk olahan rumput laut.
Asmah Gani menegaskan, Pemkab Nunukan sangat berharap pembudidayaan rumput laut ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Nunukan.
Ia berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas rumput laut para petani sehingga mereka bisa bersaing. Dengan demikian rumput laut bisa menjadi unggulan terbaik di Kabupaten Nunukan.
 
Sumber :  http://kaltim.tribunnews.com/2012/05/08/wabup-berharap-produksi-rumput-laut-meningkat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar