...Indonesia akan menguasai dunia dengan produk olahan rumput laut...
.

Kamis, 05 April 2012

BI dan Pemkab Nunukan Kerjasama Bimbingan Rumput Laut



rumput.jpg

BI dan Pemkab Nunukan Kerjasama Bimbingan Rumput Laut



Bank Indonesia (BI) dan Pemkab Nunukan menjalin kerjasama untuk memberikan bimbingan teknis pengelolaan rumput laut kepada para petani di daerah ini.

Kabupaten Nunukan termasuk 24 kabupaten/kota penghasil rumput laut terbesar di Indonesia.

Kerjasama kedua belah pihak ini dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU). Deputi Pemimpin BI Teguh Setiadi mengatakan, tugas BI salah satunya menjaga kestablian inflasi.

"Ini bukan hanya dipengaruhi suku bunga, bisa distribusi dan transportasi. Salah satunya kenapa rumput laut tidak diproduksi sendiri? Kami melihat rumput laut di Nunukan sudah menjadi bagian dari warga Nunukan, tetapi banyak hal yang perlu dibenahi," ujarnya.

Ia mengatakan, petani di sini tidak mendapatkan informasi mengenai rumput laut yang laku dijual dan bernilai tinggi.

"Kalau BI, kita tidak boleh memberikan secara langsung. Kita terkait inflasi, bentuknya bantuan teknis. Kita memfasilitasi pengembangan pengusaha yang bergerak dibidang rumput laut," ujarnya.

Bantuan teknis yang diberikan kepada para petani tidak hanya berupa teori, namun juga praktik lapangan. Bimbingan teknis ini diberikan mantan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Ujang Koswara.

"Pak Ujang langsung memberikan bagaimana bertani yang baik sehingga bisa lebih tinggi kualitas dan harganya. Sekarang kita berikan semacam informasi rumput laut, seperti apa yang dibutuhkan sebab biasa masalahnya diperniagaan," ujarnya.

Pihaknya melihat kualitas rumput laut jika sudah sesuai standar tentu harganya tidak rendah.
"Sebenarnya pengumpul juga dirugikan karena dia tidak tahu seperti apa kualitas yang diinginkan pabrik," ujarnya.


Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2011/09/09/bi-dan-pemkab-nunukan-kerjasama-bimbingan-rumput-laut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar